background img
-->

The New Stuff

KENAPA HARUS PAKAI WERPAK?



Itu pertanyaan yang biasa dilemparkan beberapa pekerja bangunan waktu disuruh memakai werpak atau baju kerja. Umumnya selanjutnya diteruskan dengan “Ribet, Pak,” “ Jadi sulit gerak,” “Panas, Pak” serta beberapa fakta yang lain. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Werpak ialah baju kerja yang terhitung Alat Pelindung Diri (APD) yang sebetulnya harus digunakan untuk keselamatan diri kita serta orang lain!

Untuk proyek-proyek rasio besar, umumnya sebab telah masuk dalam pengawasan DepNaKer, beberapa pekerja diwajibkan memakai peralatan APD yang perlu disediakan oleh kontraktor

Nama werpak datang dari kata berbahasa Belanda, werkpak, yang berarti ‘pakaian kerja’ atau ‘pakaian untuk bekerja’. Biasalah, kita salah dengar waktu Toean-toean Belanda mengucapkannya doeleo, waktu negeri kita ini masih didjadjah oleh Negeri Belanda.

Sama dengan kata ‘sempak’ untuk baju berenang. Asal tuturnya dari kata berbahasa Belanda, zwempak, yang berarti memang ‘baju renang’. Salah dengar serta susah pengucapan hingga salah kaprah. Tetapi masih mengucapkan syukur, salah kaprah ini banyak yang memperkaya khazanah Bahasa Indonesia. Hehehe.

Arah pemakaian werpak:
Jadi pelindung badan dari beberapa hal yang membahayakan waktu kerja.
Kurangi efek terluka waktu berlangsung kecelakaan kerja.
Jadi jati diri pekerja. Baik dengan warna, simbol atau tulisan pada werpak untuk memperbedakan barisan pekerja dengan type pekerjaan atau jabatan khusus.

Bermakna peranan penting werpak ialah baju pelindung buat pemakainya. Werpak biasanya berupa satu baju terusan (baju serta celana jadi satu) atau disebutkan dengan overall serta umumnya mempunyai banyak saku disamping kiri serta kanan, baik dibagian baju atau celana. Umumnya werpak dibikin berbahan yang lebih kuat serta tebal hingga tidak gampang sobek dibanding baju biasa. Type bahan umumnya sesuai dengan tingkat atau peranan perlindungannya. Beberapa bahan spesial seperti bahan tahan api (flame retardant), tahan air (water repellent) dan lain-lain dipakai sesuai dengan tingkat perlindungan, type pekerjaan dan type medan kerjanya.

Werpak sendiri terdiri dua berdasar tingkat perlindungannya:

Werpak biasa
Werpak yang mempunyai tingkat perlindungan sedang. Umumnya digunakan oleh mekanik bengkel kendaraan bermotor, baik kendaraan bermotor roda dua atau roda empat, serta beroda banyak. Biasa digunakan oleh pekerja bengkel pembuatan besi: bengkel bubut, bengkel las, serta semacamnya.

Werpak safety
Werpak yang dibuat dengan spesial untuk penuhi keperluan perlindungan tingkat tinggi. Contohnya dengan bahan tahan api serta diperlengkapi dengan bahan reflektif hingga gampang kelihatan di wilayah yang kurang pencahayaan. Contohnya untuk pekerja tambang, pekerja pabrik dengan beberapa alat berat, dan lain-lain.

Beberapa persyaratan dalam penentuan werpak:

Bahan serta mode werpak harus sesuai efek atau bahaya yang ditemui pekerja seharian.
Werpak harus sesuai dengan ukuran badan semasing pekerja. Tidak sempit hingga mempersulit serta menghambat pergerakan dan juga tidak longgar hingga mempermudah terlibat mesin kerja.
Werpak dengan bahan tahan api harus dipakai untuk pekerjaan dengan efek terserang api serta panas.
Panjang lengan werpak harus sesuai efek pekerjaan yang ditemui pekerja.
Mode serta bahan werpak harus gampang dipakai bersama dengan piranti APD lain seperti masker, sarung tangan, sepatu pengaman, serta helm.
Mode werpak harus gampang serta nyaman dipakai bersama dengan alat simpatisan pekerjaan seperti sabuk perlengkapan serta tas perlengkapan.
Saku werpak bukan untuk menaruh beberapa benda tajam, runcing atau gampang terbakar. Pakai sabuk utilitas karena itu.
Werpak tanpa ada saku harus dipakai di ruang yang banyak terkandung debu yang gampang terbakar.


Semua pemahaman ini akan percuma bila kita, baik si pekerja atau si pemberi kerja, nemiliki kesadaran yang rendah akan utamanya kesehatan serta keselamatan kerja (K3).

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts