background img
-->

The New Stuff

Bukan Hanya Sebab Lemak, Ini 12 Fakta Kakimu Membengkak



Tidak selalu sebab gemuk atau obesitas, kaki dapat jadi abuh sebab beberapa keadaan kesehatan. Sering abuh ini dihubungkan dengan pola hidup sedenter, dimana kita tidak kebanyakan gerak serta lama ada pada sebuah tempat seperti duduk atau berdiri. sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Kaki jadi anggota badan yang paling kerja keras. Setiap hari menyangga berat badan serta membantumu untuk berjalan, lari, lompat, berdiri serta jinjit. Ada keseluruhan 26 tulang serta lebih dari 100 otot, tendon, ligamen di setiap kaki serta pergelangan kaki yang kerja jadi team, membuat kita dapat menelusuri ke mana saja.

"Bengkaknya kaki dapat karena disebabkan desakan, kurang aktif, luka atau beberapa pemicu yang lain, perputaran dari serta ke kaki melambat, serta darah mulai bergabung di banyak pembuluh darah yang menyebar di jari kaki, tumit serta pergelangan kaki," kata Dyane Tower, DPM, direktur rekanan klinis di American Podiatric Medical Association.

Dirangkum dari health.com, berikut beberapa fakta yang dapat mengakibatkan kakimu membengkak:

1. Berdiri atau duduk berjam-jam

Kelamaan duduk atau berdiri dapat mengakibatkan kaki abuh atau penyimpanan. Waktu berdiri kita tidak bergerak kebanyakan hingga otot di kaki, pergelangan serta tungkai tidak punya peluang untuk berkontraksi hingga perlambat saluran darah ke serta dari kaki.

Sama seperti dengan orang yang kelamaan duduk mengakibatkan sepatu berasa sesak serta tidak nyaman. Walau menjengkelkan, tetapi abuh ini bisa hilang demikian kita berjalan atau meluruskan serta mengusung kaki. Maka lakukan untuk kadang-kadang bergerak saat kamu kebanyakan diam pada sebuah tempat.

2. Kebanyakan makan garam

Sodium yang terdapat dalam garam jadi aktor penting penyimpanan dan dapat mengakibatkan kaki abuh. Pada umumnya, batas konsumsi garam satu hari yang dianjurkan ialah satu sendok teh.

Sayangnya, umumnya garam dikonsumsi tidak dari garam tersebut tetapi dari makanan olahan serta cepat saji. Untuk kurangi efek kaki abuh di masa datang, mulai batasi asupan-asupan makanan itu.

3. Kehamilan

Kaki abuh umumnya dihubungkan dengan kehamilan, serta menjadi satu diantara sisi yang tidak dapat dijauhi. Jill Rabin, MD dari Women's Health Program menjelaskan kaki abuh dikarenakan waktu bayi berkembang, dia mendesak pembuluh darah di pelvis serta punya pengaruh pada perputaran.

Pergantian hormon dapat juga jadi sebabnya. Waktu hamil, badan menghasilkan hormon relaxin yang mengakibatkan sendi di pelvis serta kaki dan ligamen jadi santai serta melebar. Makin bertambah umur kehamilan, biasanya abuh di kaki makin lebih buruk, apabila menebar ke tangan serta muka bisa saja preeklampsia yang beresiko.

Untuk menurunkan abuh di kaki waktu hamil, lakukan tidak untuk berdiri atau duduk untuk waktu yang lama serta angkat kaki untuk setiap saat untuk lancarkan peraliran darah. Kompres dingin kaki, olahraga mudah serta tidur menyamping menolong.

4. Luka di kaki

Luka di kaki seperti keseleo atau kelamaan lari hingga mengakibatkan fraktur depresi dapat memunculkan abuh di serta di seputar kaki. Abuh itu jadi tanggapan badan atas inflamasi, dimana darah turun ke arah ruang tumit serta bawa beberapa sel dan cairan.

Operasi di ruang kaki dapat juga mengakibatkan abuh. Kamu dapat meredakannya dengan tehnik RICE, yaitu istirahatkan kaki yang luka (Rest), mengompres dingin di ruang yang sakit (Ice), bebat ruang yang luka atau kram (Compression) serta angkat sisi yang alami luka atau kram (Elevation).

5. Fluktuasi hormon

Sering beberapa wanita yang sedang menjelang waktu menstruasi berasa kembung atau abuh di sejumlah anggota badan. Perasaan itu adalah hal normal karena fluktuasi hormon sesudah ovulasi, waktu sindrom pramenstruasi (PMS) berlangsung.

Pergantian hormon yang dipacu oleh kontrasepsi hormonal atau therapy pergantian hormon dapat juga mengakibatkan abuh di sejumlah anggota badan, terhitung kaki. Untuk meredakannya, memperbanyak minum air, kurangi konsumsi makanan asin, serta teratur olahraga untuk menolong perputaran.

6. Obat-obatan

Tidak hanya kontrasepsi hormon atau therapy pergantian hormon, tetapi obat-obatan lain dapat juga mengakibatkan kaki abuh. Obat untuk mengatur gula darah buat pengidap diabetes contohnya, mempersulit sodium untuk keluar dari badan.

Selanjutnya obat pereda ngilu seperti ibuprofen dapat juga jadi memperburuk bengkaknya jika orang itu punya penyakit tidak berhasil hati atau jantung sebab kelamaan meredam sodium.

7. Ada infeksi

Kaki membengkak bisa saja sebab ada infeksi serta orang yang menderita diabetes dan penyakit vaskuler periferal lebih beresiko tinggi. Infeksi dapat berlangsung sebab kerusakan kulit, yang memudahkan bakteri untuk masuk, bisa sebabnya contohnya seperti dari sepatu yang kesempitan.

Masih mengawasinya lembab dengan losion dengan teratur supaya tidak gampang rusak salah satu langkah mencegah. Antibiotik dapat juga menolong bersihkan infeksi bakteri yang terjadi.

8. Lymphedema

Lymphedema ialah satu keadaan yang berlangsung waktu ada suatu hal yang salah pada skema limfe, yang disebut sisi dari skema imun. Cairan limfe bawa beberapa sel darah putih pelawan infeksi ke bagian-bagian badan.

Beberapa bagian kelenjar limfe di semua badan mengatur perjalanan cairan itu, tetapi jika kelenjar itu rusak atau diangkat (contohnya sebab kanker), cairan ini tidak bisa dipakai secara baik serta mengakibatkan abuh. Abuh di kaki umumnya sebab kelenjar yang berada di selangkangan, yang benar-benar tipis serta lembut.

9. Jantung tidak memompa cukup darah

Kaki abuh adalah sinyal yang tidak biasa dari tidak berhasil jantung. Tidak berhasil jantung bukan bermakna jantungmu berhenti kerja, namun tidak dapat memompa darah yang cukup serta cairan menumpuk di pembuluh darah.

Bila abuh berlangsung di kaki kiri, bermakna tunjukkan tidak berhasil jantung sisi kanan. Bengkaknya berlainan dengan abuh yang berlangsung karena duduk atau berdiri kelamaan.

Simak juga: Semakin Banyak Bukti Serangan Jantung Terkait dengan Keadaan Kejiwaan

10. Ada penyumbatan

Deep vein thrombosis dapat berlangsung jika duduk kelamaan tanpa ada menggerakkan kaki. DVT adalah satu diantara masalah tersumbatnya pembuluh darah yang cukup beresiko, sebab bila telat ditangi, gumpalan darah dapat ke arah paru-paru, memangkas supply oxigen serta menyebabkan fatal.

Abuh berlangsung sebab terdapatnya gumpalan itu. Gumpalan ini menyebabkan desakan bertambah serta menggerakkan cairan di darah keluar dari pembuluh darah ke arah jaringan. Tidak cuma duduk kelamaan, beberapa faktor yang lain mencakup obesitas, merokok, hamil, tidak berhasil jantung, permasalahan ginjal, masalah penyumbatan awalnya, kanker, atau minum obat-obatan khusus (contohnya pil KB) dapat juga jadi sebabnya.

11. Tidak berhasil ginjal

Ginjal berperan untuk menyamakan cairan di pada tubuh serta menggerakkan cairan yang tidak diperlukan keluar dari skema tubuhmu. Waktu diantaranya atau serta keduanya tidak berperan secara benar, jadi dapat berlangsung pembengkakan di kaki.

Untuk menanganinya tidak cukup dengan dialisis atau bersihkan darah, yang umumnya dianjurkan untuk beberapa pengidap tidak berhasil ginjal. Obat-obatan seperti diuretik dapat menolong ginjal buang cairan-cairan berlebihan itu, hingga kurangi abuh.

12. Penyakit hati

Penyakit pada hati atau liver seperti sirosis (cedera parut pada hari) dapat berlangsung sebab hepatitis atau umumnya minum alkohol sepanjang sekian tahun. Cedera parut ini mengganggu saluran darah dari serta ke hati, lalu memunculkan tekanan darah tinggi pada pembuluh darah yang ke arah hati (disebutkan hipertensi portal).

Hipertensi portal dapat mengakibatkan abuh di tangan serta kaki dan perut. Sirosis dapat juga mengganggu produksi protein yang disebutkan albumin, yang dapat juga sebabkan abuh. Tanda-tanda yang lain ialah rasa capek, pendarahan, gampang lebam, mual serta mata dan kulit yang berwarna kuning. Umumnya keadaan ini ditangani dengan pergantian pola hidup serta transplantasi hati.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts