background img
-->

The New Stuff

K3: Pakai Alat Pelindung Diri Sebelum Kerja



Berdasar data International Labour Organization, insiden kecelakaan kerja pada tahun 2013 beberapa 1,2 juta pekerja yang wafat karena kecelakaan serta sakit dalam tempat kerja. Pada tahun 2015, BPJS Ketenagakerjaan mencatat terjadi kecelakaan kerja sekitar 105.182 masalah di Indonesia serta kecelakaan berat yang menyebabkan kematian tertera sekitar 2.375 masalah dari keseluruhan jumlahnya kecelakaan kerja. Satu diantara mencegah kecelakaan dalam tempat kerja dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD). Seperti apa bentuk serta type yang APD yang diwajibkan untuk digunakan oleh beberapa engineer, berikut rangkumannya... Sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Kecelakaan kerja adalah insiden yang tidak diharapkan serta tidak disangka yang bisa berlangsung dalam proses kerja di project konstruksi, industri atau yang terkait dengannya yang bisa memunculkan kerugian seperti harta benda, property, waktu, atau korban jiwa (Tarwaka, 2012).

Usaha dalam tingkatkan keselamatan serta kesehatan kerja, diantaranya dengan memberi perlengkapan perlindungan diri untuk pegawai yang kerja pada lingkungan yang memakai perlengkapan yang beresiko (Mangkunegara, 2013).

Unsur pemicu kecelakaan kerja diantaranya ialah sumber bahaya yang berbentuk kondisi bahaya atau keadaan bahaya, contohnya tindakan bahaya yakni cara kerja yang salah, pekerjaan yang membahayakan, lingkungan kerja yang tidak aman, sikap kerja yang ceroboh dan tidak menggunakan alat pelindung diri (Alhamda & Sriani, 2015).

Mengenai APD yang harus digunakan sebelum kerja, yakni:

1. Safety Helmet
Safety Helmet ini berperan membuat perlindungan kepala dari keruntuhan beberapa benda berat dari atas serta samping. Tidak hanya membuat perlindungan kepala dari keruntuhan benda, safety helmet ini membuat perlindungan kulit kepala dari teriknya cahaya matahari di luar atau ruang kerja serta jadi pemberi tanda jika pemakai dari safety helmet ini ialah pekerja di tempat.

2. Safety Vest
Safety vest ini mempunyai peranan untuk menahan berlangsungnya kontak kecelakaan saat kerja, kurangi risiko dalam kecelakaan kerja serta bisa kelihatan saat kerja pada malam hari. Diluar itu, safety vest ini bisa membuat perlindungan penggunanya dari air. Sejumlah besar safety vest yang ada mempunyai ketahanan pada air, itu karena bahan material rompi yang dibuat berbahan anti air. Hingga bisa membuat perlindungan penggunanya dari air hujan atau angin.

3. Safety Shoes
Safety shoes mempunyai peranan jadi pelindung telapak kaki dari bahaya beberapa benda tajam yang tidak terliihat oleh mata sebab tempat benda tajam itu ada di bawah. Seperti dalam paku, besi tajam, potongan seng atau alumunium serta yang lain. Ketebalan dari tapak safety shoes ini sangat bagus, berlainan dengan tapak sepatu lainnya. Memang safety shoes ini diutamakan untuk beberapa engineer waktu kerja di ruang project.

4. Safety Glasses
Safety glasses mempunyai peranan membuat perlindungan mata dari debu, percikan api, cahaya sinar yang lumayan tinggi serta yang lain. Kacamata ini didesain spesial untuk beberapa engineer, sebab bisa dilihat jika mode dari kacamata ini tutupi ruang mata supaya tidak ada beberapa benda yang kecil masuk serta melukai mata.

5. Full Bodi Harness
Full bodi Harness mempunyai peranan jadi pelindung pekerja dari ketinggian. Alat ini dipakai oleh beberapa pekerja saat di tempat ketinggian. Ini untuk menahan beberapa pekerja jatuh serta bisa mengakibatkan cacat permanen atau kematian.

6. Mask
Masker berperan membuat perlindungan pekerja dari debu atau aroma berbau yang menusuk serta tidak enak. Seperti beberapa bahan kimia yang beresiko untuk dihirup oleh manusia, jadi diperlukan nya masker yang sesuai keadaan lapangan pekerjaan.

7. Gloves
Gloves berperan jadi pelindung telapak tangan dari pekerjaan yang bisa membuat telapak tangan terluka sebab benda tajam atau terbakar sebab terdapatnya percikan api di area pekerjaan.

8. Ear Plug
Ear Plug benar-benar berperan membuat perlindungan telinga serta gendang telinga dari suara yang berisik atau tingkat keributan yang tinggi.

Memang bila dipikir kembali, alat pelindung diri itu tidak bisa membuat perlindungan pekerja seutuhnya dari bahaya yang mungkin berlangsung. Tetapi, dengan menggunakan alat pelindung diri yang komplet serta sesuai dengan standard karena itu cara keselamatan kerja telah dikerjakan serta sesuai standard yang berlaku.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts