background img
-->

The New Stuff

Langkah Membuat Sepatu Lukis Sendiri


Related image
Sepatu lukis memang di kenal sebagai sepatu custom yang benar-benar unik karena design lukisan atau gambarnya perlu perencanaan dan eksekusi dari tangan yang ahli dalam melukis atau menggambar. Bila pengrajinnya tidak bisa menggambar atau melukis dengan baik, terlebih di medium yang kecil, maka sepatu lukis yang dibuat mungkin jelek, tidak mirip dengan contoh referensi, atau tidak sesuai dengan keinginan pembeli.

Oke, dari situ, mungkin ada asumsi kalau orang yg tidak dapat melukis atau menggambar tidak dapat bikin sepatu lukis yang bagus. Well, mungkin memang ada beberapa bentuk design sepatu lukis yg tidak dapat di buat (seperti yang memasukkan gambar karakter, logo, dan semacamnya). Namun bukanlah bermakna anda sekalipun tidak dapat bikin sepatu lukismu sendiri. Dengan modal masking tape anda dapat melukis semua tubuh sepatumu jadi sepatu lukis yang keren.

Langkahnya mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja selama orang itu dapat mengecat dengan rapi. Cukup kumpulkan bahan dan alat dan ikuti beberapa langkah berikut ini :

Alat dan bahan 
  • Sepatu
  • Masking tape
  • Kuas
  • Cat akrilik (untuk hasil paling baik, pakai akrilik Angelus yang memang khusus untuk sepatu lukis). Warna sesuai hasrat
  • Cutter atau pisau kertas
  • Kertas koran bekas
  • Stensil (bila perlu) 
Cara membuat 

1. Rencanakan design yang akan kamu bikin terlebih dulu.

Ingin serumit atau sesederhana apa pun design sepatu safety lukis yang akan kamu bikin, anda tetaplah harus bikin rancangan design yang akan kamu bikin diatas kertas sebelumnya diterapkan di sepatunya. Bagaimana bentuk desainnya? Dibagian mana saja sepatunya akan dilukis? Warna apa yang akan digunakan, dan dimana saja?

Begitu, kamu paham.kamu mengerti benar seberapa panjang lebar masking tape yang anda butuhkan, stensil apa yang anda butuhkan, dan dimana saja anda harus tempelkan masking tape dan stensilnya. Lalu anda akan tahu dibagian mana anda akan memakai catmu.

2. Isi sepatunya dengan gumpalan kertas 
Agar anda dapat melukisnya dengan nyaman dan lebih rapi, anda dapat isi sepatunya dengan kertas koran sisa yang digumpal untuk menjaga bentuk sepatunya.

3. Tutupi bagian yang perlu dengan masking tape 

Setelah bikin rancangan design, kamu paham.kamu mengerti bagian mana saja dari sepatumu yg tidak bisa terserang cat, yang bermakna harus ditutupi dengan masking tape. Tarik masking tape-nya sesuai sama yang dibutuhukan. Potong juga maksing tape-nya agar lebarnya sesuai. Kemudian, tempelkan dibagian yang perlu ditutupi sesuai sama yang ada di rancangan desainmu.

Tenang saja, masking tape akan tidak meninggalkan sisa lem bila dilepaskan dari sepatumu kelak.

4. Tempelkan stensilnya (bila anda memakai stensil) 

Bila anda merencanakan memakai stensil, gunakan stensilnya di sepatumu. Pastikan stensilnya cukup tebal agar ketika dicat, bagian tepi stensinya tidak tembus ke sepatumu.

5. Lukis (atau cat) sepatunya dengan cat akrilik 

Setelah anda tutup bagian yang perlu anda tutup dengan masking tape, anda dapat melukis sepatumu dengan aman. Lukis bagian yang anda kehendaki dengan warna yang sesuai sama gagasan rancanganmu. Maskin tape akan menghindar catnya meleber ke bagian yg tidak dikehendaki. Namun, bagaimanapun anda tetaplah harus melukis atau mewarnainya dengan hati-hati, terlebih bila lebar masking tape yang anda tempelkan cukup tidak tebal. Lukis dan beri warna sampai semua ruang telah diwarna atau dilukis sesuai sama rancangan desainmu.

6. Terlepas masking tape-nya dan tunggulah catnya kering 

Setelah anda melukis atau memberi warna semua bagian yang perlu, anda dapat melepas masking tape yang melekat di sepatu safety jakarta.

7. Bila perlu, ulangilah langkah 2 seterusnya 

Bila anda miliki design yang sedemikian rupa sampai anda harus mengulangi langkah dari tempelkan masking tape sampai usai. Misalnya, anda ingin melukis sepatumu dengan motif kotak-kotak dengan dua warna yang lain dengan warna basic sepatumu (contoh warna kuning dan hitam diatas sepatu putih). Itu bermakna anda harus mempersiapkan beberapa masking tape yang dipotong berupa kotak yang ukurannya sama lalu melukis dengan satu warna. Kemudian anda harus menutupi bagian yang telah dilukis dengan masking tape baru lalu melukiska warna keduanya.

8. Selesai 

Memang, dengan langkah tersebut, design sepatu lukis yang dapat kamu bikin sendiri masihlah terbatas. Walau demikian, seandainya anda dapat rapi, anda dapat bikin sepatu lukis yang menarik dan unik.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts